Categories
Agama

Niat Ketika Hendak Makan Sahur Dan Berbuka Puasa Dibulan Ramadhan

Niat Ketika Hendak Makan Sahur Dan Berbuka Puasa Dibulan Ramadhan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh? Sudahkah Anda hafal dengan Niat Ketika Hendak Makan Sahur Dan Berbuka Dibulan Ramadhan? Menjelang datangnya bulan ramadhan 1441 H/ 2020 M yang tak lama lagi. Kami yakin bahwa Anda semua telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan perintah Allah SWT dalam rukun Islam yang ke 4. Berpuasa dibulan Ramadhan yang penuh berkah tentunya menjadi dambaan setiap umat muslim diseluruh dunia.

Tentunya kita semua sebagai umat muslim berharap semoga kita semua diberikan kesehatan jiwa dan raga dalam menjalani puasa ramadhan yang akan datang, amin. Dalam menjalankan puasa dibulan ramadhan kita akan mengalami apa yang disebut dengan berbuka puasa dan makan sahur.

Disaat berbuka puasa dan makan sahur selama bulan ramadhan, kita tidak melakukannya dengan sembarangan. Sebelum memakan makanan yang akan kita santap kita terlebih dahulu harus mengucapkan doa atau niat. Ini bertujuan agar kelak ibadah kita tidak menjadi hal yang percuma atau sia sia belaka.

Serta agar kita dapat menjalankan ibadah puasa kita dibulan ramadhan dengan keikhlasan hanya karena Allah SWT semata. Dengan begitu insya Allah semua amal ibadah kita jika diiringi dengan niat yang tulus akan mendapatkan ganjaran pahala yang sesuai dari Allah SWT, amin.

Selain itu kita juga tentu mengharapkan keridhoan dari Allah dengan keabsyahan ibadah yang kita lakasanakan. Jika kita berbicara tentang syah atau tidaknya ibadah seseorang dalam agama Islam. Maka dapat dipastikan bahwa ibadah seseorang tersebut akan menjadi syah apabila menuruti rukun atau atu aturan menjelang ibadah.

Dengan membaca niat sebelum melakukan ibadah insya Allah Ibadah kita dapat diridhoi oleh Allah dan diterima amal ibadah kita. Itulah mengapa menjadi penting mengucapkan lafadz niat atau doa sebelum kita melaksanakan ibadah terutama dibulan ramadhan yang akan datang.

Kembali ke pokok permasalahan, kita akan membahas tentang Niat Ketika Hendak Makan Sahur Dan Berbuka Puasa Dibulan Ramadhan. Bagaimanakah niat saat sahur dan berbuka tersebut? simak penjelasannya berikut ini :

Waktu Jika Hendak Makan Sahur Dibulan Ramadhan

Umumnya makan sahur pada bulan ramadhan dilaksanakan disepertiga malam menjelang pagi sebelum waktu imsak atau waktu shalat subuh tiba. Seperti pada hadist Rosulullah SAW berikut ini :

Niat Ketika Hendak Makan Sahur

Selama menjalankan ibadah puasa khususnya dibulan ramadhan yang penuh dengan berkah. Kita akan memulainya dengan makan sahur di sepertiga malam sebelum waktu imsak dan waktu shalat subuh. Makan sahur disunnahkan kepada orang orang yang akan berpuasa disiang harinya sampai sore hari ketika waktu berbuka puasa tiba. Untuk niat yang dibaca saat akan makan sahur adalah sebagai berikut :

Setelah melaksanakan makan sahur, maka wajiblah bagi kita untuk keesokan harinya berpuasa hingga sore hari. Dari waktu pagi hari kita diharuskan untuk berpuasa dengan menahan haus dan lapar. Serta meningkatkan ibadah kita selama berpuasa. Tidak hanya itu saja kita juga diwajibkan untuk mengendalikan hawa nafsu selama berpuasa.

Ketika sampai pada sore harinya, umumnya saat menjelang maghrib tiba, maka puasa kita selesai dengan ditandai oleh Adzan maghrib. Itulah waktunya kita berbuka puasa dengan membatalkan puasa kita dengan mengawali makan makanan yang manis.

Seperti halnya saat kita makan sahur, saat berbuka puasa juga diperlukank untuk membaca niat terlebih dahulu sebelum membatalkan puasa dengan makan atau minum. Bagaimanakah niat untuk berbuka puasa tersebut? simak ulasannya berikut ini :

Seperti telah kami jelaskan tadi, saat berbuka puasa tiba ada baiknya kita mulai dengan makan makanan yang manis. Baru setelah itu sebelum kita makan, hendaklah kita melaksanakan ibadah shalat maghrib terlebih dahulu.

Setelah melaksanakan shalat Maghrib barulah kita makan secukupnya dengan menghindari makan yang berlebihan samapi kekenyangan. Hal ini akan menimbulkan efek lain jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Niat Ketika Hendak Makan Sahur Dan Berbuka Puasa Dibulan Ramadhan. Terus ikuti artikel kami yang menarik lainnya, tentu saja dengan banyak pembahasan pembahasan tentang Ilmu Pengetahuan dan Agama Islam yang telah kami rangkum sedemikian rupa. Dengan menggunakan bahasa yang lugas dan mudah untuk dimengerti serta dengan singkat dan jelas. Kami selalu berharap agar apa yang kami bagikan untuk Anda ini dapat memeberikan manfaat dan selamat membaca kembali. Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh?